Minggu, 19 Juni 2011

Terapi Magnet Efektif Atasi Depresi


ANDA depresi? Cobalah melakukan terapi magnet. Menggunakan magnet untuk menstimulasi otak, menurut temuan peneliti, efektif meredakan depresi pada orang-orang yang belum mengalami pemulihan dengan obat-obat antidepresan.

"Selama ini kita selalu mempertanyakan efektivitas terapi transcranial magnetic stimulation (TMS)," terang pemimpin studi Dr. Mark George, seorang profesor di bidang psikiatri, radiologi dan neuroscience dari Medical University of South Carolina."Dan ternyata memang efektif," terang George, seperti dikutip situs healthday.com, Senin (3/5).

Dalam studi ini, peneliti melibatkan 190 partisipan dewasa yang telah menderita depresi paling tidak selama tiga bulan tapi tidak lebih dari lima tahun. Partisipan telah menggunakan obat antidepresan tapi belum sembuh juga.

Menurut peneliti, para psikiater sudah tertarik melihat kemungkinan mengatasi depresi dengan terapi magnet selama lebih dari sepuluh tahun. Magnet diyakini bekerja dengan menciptakan arus listrik di sel-sel saraf di bagian left prefrontal cortex, area otak yang terlibat dengan pengaturan mood. Arus listrik menghidupan area tersebut."Pada penderita depresi, area tersebut terlihat tidak aktif," terang George.

"TMS merupakan salah satu perkembangan yang paling menarik di bidang psikologi," terang Tony Tang dari Northwestern University."Ada obat baru yang keluar setiap tahunnya, tapi semuanya hampir sama saja, dan kami tidak melihat perbedaan efektivitas yang besar. Dengan TMS, mekanisme benar-benar beda. TMS sangat aman, serta merupakan bentuk terapi shock elektrik yang tidak invasif."

Tanpa efek samping
Selain itu, terapi magnet tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Dalam studi ini, efek samping yang ditemukan hanyalah sakit kepala dan rasa tidak nyaman ringan di area yang distimulasi. Selain itu, sebagian besar pasien tetap bebas depresi setelah pengobatan dihentikan selama berbulan-bulan.

Pada 2008, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menerima pemasaran perangkat yang digunakan dalam terapi magnet untuk mengatasi depresi. (IK/OL-08)

0 komentar:

Posting Komentar